Jumat, 20 Juni 2014

Kuliner Jawa Timur

Libur akhir pekan adalah hal yang dinanti-nanti setelah kita penat akan aktifitas sehari-hari yang telah menguras otak dan tenaga. Oleh karena itu apa salahnya kita berlibur ke luar kota yang mungkin bisa mengistirahatkan sejenak pikiran-pikiran kita dan menyegarkan kembalidiri kita sebelum beraktifitas kembali. Di Indonesia ini banyak tempat-tempat yang bisa di jadikan tujuan anda ketika anda ingin menikmati akhir pekan anda bersama keluarga. Ke daerah jawa timur misalnya, anda bisa menikmati kota pahlawan Surabaya dan ada juga kota malang yang menawarkan kesejukan alam yang dimana kini kesejukan alam sangat dirindukan oleh banyak orang seperti orang-orang di Jakarta. Dan apabila anda berlibur ke jawa timur, mampirlah ke daerah pasuruan.           
mungkin anda mengetahui pasuruan hanya dari video-vidio dangdut yang dimana seorang biduan meneriakan kata pasuruan. Pasuruan adalah daerah yang berbatasan pas dengan malang, pasuruan terkenal sebagai “sakera”. Dan perlu anda ketahui, di pasuruan terdapat makanan yang sangat khas sama sepertinya lontong balap yang dimiliki oleh kota pahlawan, gudeg  yang dimiliki oleh kota pelajar, karedok yang dimiliki oleh kota metropolitan, dan rendang yang dimiliki oleh kota padang. Makanan itu bernama “KUPANG”, kupang disini bukan nama daerah yang ada di Indonesia melainkan nama makanan. Kupang ini berasal dari kerang sungai yang kecil-kecil. Kupang ini biasa di sajikan dengan lontong bukan dengan nasi,hamper mirip dengan lontong balap. Dan kupang ini memiliki kuah yang khas,
yaitu dimana kuahnya di campur dengan bumbu petis. Dengan dicampur dengan bumbu petis itu, kupang memberikan sensasi tersendiri. Karena siapa yang memakannya pasti akan bingung dan menebak-nebak akan rasa yang disajikannya. Disitu ada rasa asam dan rasa-rasa lain yang membuat kita untuk berpikir sampai-sampai anda tak sadar telah menghabiskan satu porsi. Selain itu, harga makanan ini tidaklah mahal. Cukup dengan biaya 5000-7000 saja kita sudah bisa mendapatkan satu porsi kupang. Dan ini sangat mudah di jumpai di pinggir-pinggir jalan di daerah pasuruan. Maka jangan pernah anda lewatkan untuk mencicipi kuliner satu ini ketika anda melewati atau berada di daerah pasuruan.(MNH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar